Top 3 Jenis Tanaman Hidroponik yang Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi

Tanaman hidroponik adalah tanaman yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya, tetapi menggunakan air atau hidro seperti namanya. Jenis tanamanan hidroponik ini sangat beragam, mulai dari tanaman sayur hingga tanaman buah. Namun, tidak semua jenis tanaman bisa ditanam secara hidroponik. Sistem hidroponik ini hanya cocok untuk jenis tanaman yang memiliki waktu singkat untuk mengalami pembuahan atau petunasan.

Kelebihan dari sistem hidroponik ini adalah bisa diterapkan pada lahan sempit seperti pekarangan rumah atau rooftop. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan pekarangan rumahmu untuk lahan menanam secara hidroponik, kamu harus mennetukan dulu apa yang ingin kamu tanam dan panen nantinya. Supaya mendapatkan keuntungan yang maksimal tentunya kamu mau dong menanam tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sama seperti jenis tanamannya, nilai jual dari tanaman hidroponik ini juga bermacam-macam. Berikut ini adalah top 3 jenis tanaman hidroponik yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Paprika

Paprika adalah sayuran yang termasuk ke dalam tanaman holtikultura yang cepat dan mudah mengalami pertumbuhan. Di Indonesia, paprika belum terlalu umum dikonsumsi. Biasanya, paprika digunakan sebagai penyedap rasa makanan atau bahan dasar pada makanan berbasis sayuran.

Jika dilihat dari nilai ekonominya, ternyata paprika ini termasuk jenis tanaman hidroponik yang cukup menguntungkan untuk dibudidayakan. Dalam pembudidayaannya, jenis tanaman ini termasuk jenis yang sulit dikembangkan pada media tanah secara konvensional. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan budidaya cabai seperti cabai rawit, cabai merah, dan cabai keriting yang lebih umum dikonsumsi di Indonesia. Namun, kendala tersebut dapat diatasi dengan cara menamam paprika secara hidroponik.

Dengan konsep hidroponik ini, pembudidayaan paprika dapat menghasilkan 2,5 kg buah per tanaman jika diberikan perawatan yang baik dan intensif. Hasil tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan pembudidayaan paprika dengan media tanah secara konvensional yang hanya bisa menghasilkan 1 kg buah per tanamannya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus selalu memperhatikan konsentrasi air nutrisi hidroponik yang diperoleh oleh paprika.

Paprika banyak digemari dan dikonsumsi karena dikenal sebagai jenis tanaman yang bermanfaat untuk menangkal penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker, dan penyakit jantung. Selain itu, kandungan vitamin C yang terkandung dalam paprika juga bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh, menjaga daya tahan tubuh, dan menangkal radikal bebas. Tertarik untuk menamam paprika secara hidroponik?

Tomat

Jika konsumsi paprika belum terlau umum di Indonesia, lain halnya dengan buah yang satu ini, tomat. Tomat sudah sangat umum dikonsumsi di Indonesia baik sebagai buah, maupun sebagai bahan tambahan pada berbagai masakan Indonesia. Tomat juga termasuk tanaman yang dapat dibudidayakan secara hidroponik, lho.

Untuk membudidayakan tomat dengan konsep hidroponik, pemilihan bibit tomat yang baik harus selalu diperhatikan. Pilihlah bibit tomat unggul untuk hasil panen yang memuaskan. Kamu bisa membeli bibit tomat ini di toko pertanian. Langkah selanjutnya adalah proses penyemaian benih tomat. Untuk penyemaian, gunakan media tanam seperti serbuh sabut kelapa dan berikanlah perawatan rutin hingga bibit berusia satu bulan dan siap ditanam dengan sistem hidroponik.

Selada

Sudah tidak asing lagi bukan saat mendnegar kata selada hidroponik? Tanaman yang satu ini memang banyak dibudidayakan secara hindroponik karena hasilnya lebih bagus dan waktu panen yang lebih cepat. Tahukah kamu kalau selada, secara hidroponik, telah ditanam pada lebih dari 300.000 hektare lahan dan menghasilkan 3 juta ton selada per tahun, oleh karena itu, tanaman yang satuini tergolong ke dalam jenis tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. di Indonesia sendiri, selada sering kita jumpai sebagai lalapan, salad, dan bahan tambahan sandwich. Bukan tanpa alasan, selada banyak diminati karena memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia jika dikonsumsi secara rutin.

Itulah top 3 jenis tanaman hidroponik yang bisa kamu coba tanam di pekarangan rumah. Tertarik dengan salah satunya atau bahkan ketiganya? Selamat bertanam!